Kisah pengusaha punya 4 cafe resto tutup semua.
Kisah pengusaha punya 4 cafe resto dan tutup semua.
Seorang pengusaha cafe & resto menghubungi saya dan
ingin sharing terkait permasalah usaha kuliner yang di miliki beliau yang sudah
tutup semua, cukup kaget juga mendengarkan dari beliau bahwa beliau memiliki
usaha kuliner cafe & resto yang menurut beliau investasi yang dikeluarkan
untuk 1 cafe & resto berkisar antara 400 jutaan hingga mencapai 1 milyaran.
Dan beliau tertarik membaca artikel tentang kisah nyata bagaimana saya membantu
pembenahan bisnis yang terancam tutup atau bangkrut dan dimana owner atau
pemilik bisnis juga terlilit hutang yang jumlahnya milyaran.
Saya menanyakan kisah awal bagaimana beliau memuli usaha
kuliner cafe & resto, kemudian bagaimana perjalanan bisnis kuliner tersebut
dalam kurun waktu 1 tahun pertama hingga 5 tahun dan bagaimana cara beliau
mengelola bisnis kuliner cafe & resto tersebut hingga sampai tutup semua.
Tema atau konsep cafe & restonya unik.
Bisnis kuliner yang dibangun oleh beliau yang berjumlah 4
cafe & resto semuanya itu hanya mengandalkan ego ide konsep dan keyakinan
dari sisi owner kalau akan booming , dan memang benar di saat opening awal
cafe & resto nya ramai sekali dan
menjad viral, hal ini disebabkan beliau memiliki tipe orang yang kaya ide ide
liar , dengan tema atau konsep cafe & resto yang unik serta terletak di
lokasi strategis dimana orang mudah menemukan dan memiliki area parkir yang
luas maka menjadi viral dan bahkan masuk di surat kabar pagi radar lokal.
Namun
dalam bisnis kuliner tema dan konsep unik tidak menjamin kalau akan terus ramai
dan membuat orang datang terus menerus.
Tutup kurang dari 6 bulan.
Diantara 4 cafe dan resto yang dimiliki tutup ada beberapa
yang tutup kurang dari 6 bulan rata rata dan ada yang pernah bertahan hingga 5
tahunan dan akhirnya tutup juga, dengan nilai invetasi yang cukup besar dan
menjadi masalah besar karena uang yang digunakan untuk membuat cafe & resto
tersebut semuanya modal uang dari bank dengan menjaminkan asset properti dan
kendaraan. Bisnis kuliner tutup kurang dari 6 bulan itu bukan hal aneh, malah
saya pernah menemukan bisnis kuliner dengan konsep yang unik terletak di lokasi
strategis banget tutup kurang dari 6 bulan.
Tidak memahami dan memiliki strategi bisnis
Ketika saya tanya apakah memiliki strategi bisnis jangka
pendek dan jangka panjang, beliau kurang paham dan menjelaskan kalau selama ini
menjalankan beragam promosi baik secara online dan offline untuk menjaring
pelanggan agar mau datang ke cafe dan restonya, berikut penuturan promosi yang
sudah di lakukan beliau:
- · Promosi diskon makan untuk makan di tempat , khusus hari tertentu yang sepi dengan harapan membuat pelanggan datang, menggunakan instagram dan facebook untuk promosi ini baik dengan cara organik dan paid promote
- · Promosi kartu member dengan harga khusus spesial bagi pemegang kartu member cafe dan resto
- · Promosi di radio dan koran serta spanduk untuk promo dan menu baru
- · Promosi dengan kelompok untuk corporate atau perusahaan yang mengadakan meeting , gathering di cafe dan resto tersebut
- · Aktif di media sosial untuk update konten dan beragam promo
- · Menyebarkan brosur
Dari penjelasan yang disampaikan oleh beliau sudah banyak
upaya yang telah di lakukan oleh beliau agar cafe dan resto tetap survive
meskipun akhirnya tutup semua dan membuat beliau trauma karena menyisakan
hutang yang cukup besar.
Ada biaya untuk investasi konsultasi pembenahan bisnis dan penyelamatan bisnis.
Saya sampaikan ke beliau bahwa ada biaya untuk pembenahan
dan peningkatan bisnis, karena beliau berencana akan membuka usaha kuliner lagi
sebab beliau sudah 5 tahun lebih di bidang bisnis kuliner dan menyadari kalau
selama ini beliau belum sepenuhnya menjalankan bisnis kuliner dengan baik dan
tepat.
Dan ketika saya sampaikan bahwa menjalankan promosi berkala secara
konsisten itu hanya sebagaian dari strategi bisnis di area marketing dan itu
juga ada cara atau tahapan progres untuk menemukan strategi yang paling efektif
dan tepat bagi bisnis cafe dan kuliner, karena belum tentu meniru cafe &
kuliner orang lain bisa juga hasilnya sama, ini yang sering saya sampaikan
ketika ada pengusaha cafe dan kuliner yang cerita bahwa dia menirus cara
marketing cafe & resto orang lain yang terbukti ramai namun ketika di
terapkan ke cafe & resto milik beliau tidak berdampak signifikan, ini saya
sebut orang bisa meniru dari luar tapi tidak tahu strategi detil yang di dalam,
Di akhir sesi konsultasi pembenahan saya memberikan program dan biaya untuk
pembenahan dan peningkatan bisnis kuliner cafe & resto dengan garansinya
sekalian untuk beliau pelajari dan fikirkan , saran saya jika sudah tidak mampu
berpikir sendiri maka carilah orang yang sudah terbukti bisa membantu bisnis
yang terancam bangkrut dan bahkan bisa lunas hutang cepat dengan halal silahkan hubungi nomer wa saya 085755333610
Komentar
Posting Komentar