10 Indikator sukses developer properti

BUKAN ASAL SOLD OUT TAPI BERAKHIR BONCOS BAHKAN NASIB OWNER/DEVELOPER MENJADI.

Serius nih. Saya menjadi saksi beberapa projek yang (katanya) sold out, tapi akhirnya projeknya gagal, mangkrak bahkan developernya sulit ditemui, gak jelas keberadaannya. Kenapa bisa begitu ? Karena sold out bukan satu satunya indikator kesuksesan bisnis property, apalagi yang berskema tanpa bank. Apalah artinya terjual habis, tapi akhirnya merugikan konsumen, projeknya gagal, meninggalkan hutang milyaran bahkan pelakunya jadi buronan ?

Nah, ada setidaknya 9 hal yang bisa dijadikan indikator suksesnya suatu projek Property Syariah sbb :

1. Perjanjian dan Akad-akadnya.
2. Perencanaan Projeknya.
3. Pembebasan dan Akuisisi Lahannya.
4. Perijinan dan Legalitasnya.
5. Pengelolaan Keuangan dan Cash Flownya.
6.Pemasaran dan Penjualannya.
7. Penyeleksian Calon Konsumennya.
8. Pembangunan dan Konstruksinya
9. Pengendalian diri Developernya.
10. Visi Misi yang sama antar partnership (jika ber syirkah bekerja sama pastikan mencari dan menyeleksi calon partner terutama pemodal) jangan ada riba dan lemah komitmen 


Membahas strategi penjualan memang mengasyikkan. Bagaimana teknik efektif jualan yang cepat ? Tentu saja yang paling cepat adalah yang jualannya murah bahkan dalam kategori harganya nyaris tidak masuk akal. 

Sekali lagi, saya pun jadi saksi beberapa projek mereka yg terjual cepat tapi akhirnya projeknya gagal. Pengen tau siapa saja ? Dan insyaallah saya bisa prediksikan projek projek lain yang berpeluang besar mengalami nasib yg serupa. Mau tau ? Serius mau tau ?

Sebenarnya saya lebih tertarik bahas sedikit tentang indikator yang terakhir, indikator ke 9 dan 10 . Karena ada ancaman besar dihadapan kita mengenai poin ini. Ya, inilah penyakit developer pemula. Karena harganya murah, bahkan nyaris tidak masuk akal, plus developernya gagap masalah keuangan, lalu tiba tiba jualannya laku sehingga jadi OKB. Trus misalnya si owner jadi magnet uang, semua mendekat seperti gula yang dikerubungi semut dst dst. Tiba-tiba projeknya mengalami ancaman kegagalan yang mengerikan. Sangat menakutkan dan mengkhawatirkan.

Dan bisa tebak, kemana orang-orang itu ketika terjadi kegagalan ? 
Ada yang masuk penjara dan yang paling mengerikan jika mendholimi pembeli sehingga khawatir tidak berkah dan suatu saat harta dihabiskan Nauzubillahi mindzalik.
Ya Rahman Ya Rahiim 
Ya Hayyu Ya Qoyyum Ya Fattah Ya Rozaq Ya Ghoni Ya Mughni Ya Hafidz Ya Nashir Ya Wakil 

Komentar

Postingan Populer