mengucapkan Laa Haula Walaquwwata Illabillah

Kalimat "Laa haula wa la quwwata illa billah" merupakan frasa dalam bahasa Arab yang berasal dari Islam. Secara harfiah, kalimat tersebut berarti "Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah." Kalimat ini sering digunakan oleh umat Muslim sebagai doa atau pengakuan akan ketergantungan mereka kepada Allah.

Makna di balik kalimat ini adalah mengakui bahwa kekuatan dan keberhasilan sejati hanya berasal dari Allah. Manusia sendiri memiliki keterbatasan dan tidak memiliki daya atau kekuatan yang sebenarnya, sehingga mereka harus bergantung sepenuhnya kepada Allah dalam segala hal. Hal ini mencerminkan keyakinan akan kebesaran dan kekuasaan Allah sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta.

Kalimat "Laa haula wa la quwwata illa billah" juga sering digunakan untuk mengingatkan diri sendiri dan orang lain agar tidak terlalu mengandalkan kekuatan materi atau upaya manusia semata. Dengan mengingatkan bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah, umat Muslim diharapkan untuk berserah diri kepada-Nya dan memohon pertolongan serta rahmat-Nya dalam segala situasi.

Komentar

Postingan Populer