Memiliki karyawan yang unggul dan menempatkan dengan tepat

Menempatkan orang yang tepat.
Sebagai CEO pasti pernah mengalami masalah dengan SDM yang belakang hari mengetahui ternyata selama ini salah menempatkan orang yg tepat, dan itu disebabkan proses rekrutmennya.

Kemampuan memilih orang orang yang tepat dan membangun kemampuan mereka adalah pondasi bagi sukses organisasi secara jangka panjang. Dan tugas ada di pundak pemimpin.

Pemimpin ato leader harus dapat memilih orang orang yang tepat untuk mengisi posisi yang tepat ( hayo siapa yang sdh merasakan hal ini ).
Ketika pemimpin salah dalam memilih orang yang tidak tepat membawa konsekuensi yang signifikan, apalagi jika dibiarkan bertahun tahun. ~ 

Jim collins, menulis buku fenomenalnya yaitu Good to Great, perusahaan perusahaan hebat memulai kepemimpinannya dengan menempatkan orang orang yang tepat di organisasinya dan melepaskan orang orang yang tidak tepat.
Kemampuan memilih orang yang tepat juga diterapkan dengan sangat baik oleh Jack Welch , bahkan bisa dikatakan kunci suksesnya dalam memimpin GE adalah tepat memilih orang untuk posisi yang tepat.

Jack welch mengatakan " saya sadar bahwa kesuksesan saya sangat bergantung pada orang orang yang saya pekerjakan.
Cara merekrut orang yang dilakukan jack welch terbilang unik di masa itu karena tidak biasa dilakukan. Ia bisa menemukan orang hebat lewat berbagai situasi dan tempat.
Ada yang ia rekrut saat bermain pingpong, saat kebetulan mobilnya mogok, semisal ketika ia memperbaiki mobilnya yang rusak, jack terkesan dengan montirnya pada kesungguhan dan pelayanan montir tersebut, lalu di tawari untuk bekerja di GE. Saya ternyata menemukan pola merekrut orang yang mirip dengan Jack Welch dilakukan oleh konglomerat Inggris yang sangat terkenal dengan beragam bisnis yang dimiliki yaitu Sir Richard Branson yang saya baca bukunya The Virgin Way.

Jack mengatakan memiliki kemampuan dalam merekrut orang bukan di dapat secara instan melainkan melalui proses pembelajaran yang panjang dan melewati berbagai keselahan.
Diantara kesalahan umum yang kerap dilakukannya adalah mempekerjakan orang berdasarkan penampilan luar dan membaca resumenya saja. Jack mengetahui melalui pengalaman berbuat banyak kesalahan bahwa Resume yang bagus malah kadang bisa menjadi ancaman bagi perusahaan.
Jack sangat peduli di tahapan seleksi dan memberlakukan suasana kompetisi di GE. Dengan proses seperti menyortir menemukan intan intan cemerlang dan memisahkan karat karat dan pasir pasir.

Memilih orang yang tepat berkaitan erat dengan terbentuknya tim yang tangguh dan solid, mereka akan bekerja tanpa harus di awasi seharian,karena mereka memiliki hasrat dan gairah untuk membangun perusahaan.
Jack welch mengatakan ketika anda perlu mengawasi seseorang dengan ketat karena khawatir berbuat salah, curang dll. Maka anda telah menempatkan orang yang salah, maka saat itu dibutuhkan tindakan tegas untuk menganti orang orang yang tidak tepat, karena menunda nunda keputusan berakibat fatal.
Jack welch sangat menekankan hal tersebut jangan membiarkan terlalu lama dalam benalu atau vampir berada dalam tim,  jack selalu menginginkan tim terbaik terdiri dari orang orang yang memiliki semangat dan gairah tinggi, saya menemukan di klien2 ada karyawan yang sangat bergairah dalam bekerja dan minim supervisi bahkan saat sesi konseling mereka ada yang tidak mempersoalkan lembur dan tidak banyak menuntut, orang2 seperti ini harus di jaga karena sudah terbukti kontribusinya dan sayang kalau harus lepas.

Perusahaan yang kuat dibangun oleh orang orang yang ber talenta, semangat tinggi, punya motivasi serta komitmen. Namun menemukan dan menarik orang orang seperti kriteria diatas bukan hal mudah. ~

Saya sering menemukan strategi mencari orang berbakat yang memiliki attitute dan karakter yang sesuai dengan visi misi perusahaan dengan menggunakan iklan lowongan kerja perlu evaluasi dan seleksi serta upaya yang serius, karena banyak yang menulis standar dan bahkan terkesan merayu agar bisa di terima kerja untuk beberapa bulan atau sambil melamar di tempat lain.

Sudah menjadi tantangan menejemen HRD untuk mencari talent berbakat dan sesuai , lalu mempertahankan mereka, disini juga tantangan yang tidak kalah sulitnya. Ketika karyawan yang punya talenta bagus dan memegang fungsi penting dalam perusahaan , sebenarnya akan mudah pindah perusahaan jika tidak di tumbuhkan loyalitasnya, dibagian lain akan saya sharing tulisan tentang menumbuhkan loyalitas versi jack welc dan pengalaman pengalaman saya baik personal maupu mengadopsi dari para CEO terbaik.

Saya sisipkan pembicaraan saya saat konseling dengan staff , saya bertanya apakah tanda jika anda telah memiliki kontribusi besar dan sangat di butuhkan oleh perusahaan dan bahkan rekan sejawat anda ?
Banyak jawaban yang muncul semisal ringan tangan,kompak.dll. Lalu saya katakan bahwa tandanya adalah saat anda tidak ada semisal pindah atau sakit beberapa hari, banyak yang merasa kehilangan anda, karena anda seperti sumber energi positif dan bisa mengubah suasana muram menjadi ceria, setiap masalah menjadi ringan dengan pemikiran atau turun tangan anda.



Jack welch mengatakan bagi kami kehilangan pemain grade A adalah kehilangan besar kalau bisa mereka akan merengkuh dan merangkul dengan erat jangan sampai pemain grade A pergi, karena dianggap dosa besar bagi jack welch. Ini sebabnya GE memiliki kaderisasi yang hebat .~

Komentar

Postingan Populer