Cara meningkatkan omset jualan kuliner
Cara meningkatkan omset jualan kuliner
Bagaimana cara meningkatkan
omset jualan kuliner 3x lipat coach? Ini pertanyaan yang pernah ditanyakan baik peserta
workshop strategi meningkatkan omset jualan apapun atau klien yang sedang ikut
pendampingan usaha.
Sebelum saya melanjutkan
sharing meningkatkan omset usaha kuliner , maka saya ingin sampaikan hal
penting dan jika ini dilanggar atau anda lakukan maka anda akan kesulitan dalam
meningkatkan omset jualan, tidak perduli anda berusaha dengan beragam cara ,
kedengarannya mengerikan ya? Memang benar dan ini bukan teori namun terjadi di
beragam jenis usaha, namun yang ingin saya ceritakan kejadiannya disini adalah
di usaha bidang kuliner atau makanan dan minuman.
Ceritanya ada pengusaha
kuliner yang urgent alias terdesak dan ingin omset penjualan warung kuliner
khasnya meningkat kalau bisa 3x , jadi kalau sekarang misanya omset warung atau
restonya perhari Rp 1 juta maka dalam waktu kurang dari 1 bulan bisa meningkat
menjadi Rp 3 juta perhari. Apakah mungkin atau bisa coach? Tanya beliau, maka
saya jawab Insya Allah BISA !!. Asal dengan catatan mengunakan system dan
strategi yang sudah teruji.
Namun saya katakan jika
promosi tidak di imbangi dengan persiapan SDM serta menganalisa hal hal yang
akan menjadi potensi masalah jika dilakukan promosi, beliau seakan kaget dan
bercampur bingung, maksudnya kalau ramai konsumen bisa menjadi masalah ya coach
? Tanya beliau lalu saya jawab iya.
Namun karena ini urgent maka
diputuskan mencoba strategi yang akan saya berikan untuk meningkatkan omset
jualan kuliner beliau. Setelah melalui analisa singkat karena beliau diburu
setoran baik untuk membayar gaji, vendor dan hutang bank maka diputuskan
mencoba.
Maka saya membuat rancangan
strategi sederhana dengan menggunakan Instagram dan Facebook untuk menarik
pelanggan agar berbondong bondong datang ke café & resto beliau. Tema
promosi yang di rancang adalah datang bertiga bisa dapat harga lebih murah disbanding
datang sendirian. Kenapa kok dibuat bertiga ? Karena tujuannya membuat ramai
dan terjadi viral di social media instagram dan facebook, singkat cerita
promosi yang hanya berdurasi 4 hari tersebut sukses , bahkan beliau
menyampaikan ke saya selama buka café & resto baru kali ini perhari bisa
tembus 3 juta lebih.
Saya tentu senang karena
strategi cara meningkatkan omset jualan kuliner beliau berhasil, namun saya
juga khawatir , jika banyak pengunjung atau konsumen yang datang namun tidak
dipersiapkan sehingga terjadi antrian menunggu giliran menu di sajikan,
sementara SDM bagian Dapur kaget belum pernah terjadi ledakan pengunjung yang
datang langsung banyak, jadi terjadi kesibukan di dapur yang luar biasa, dank
arena menunya ada yang harus di masak langsung agar fresh ditambah kondisi
kompor yang kurang maksimal sehingga terjadi complain yang sebagian besar mengatakan
pelayanannya lama.
Ini yang saya sampaikan dan
khawatirkan terjadi karena terjadi kedatangan pengunjung yang rame dan SDM
tidak siap serta belum di persiapkan.
Bagi anda yang ingin
mengetahui cara meningkatkan omset usaha apapun bisa mengikuti langkah langkah
di bawah ini, ada 5 langkah yang disampaikan oleh Brad Sugar pendiri Action
Coach , namun Jay Abraham dan Antony Robbins meringkas menjadi 3 langkah.
Langkah yang pertama kali
adalah anda harus memperbesar calon prospek atau calon pelanggan atau leads, di blog ini pernah saya tulis 200 cara
menjaring prospek , anda bisa search di blog ini. Dan akan saya tulis lagi
beberapa saja sesuai apa yang saya lakukan untuk usaha kuliner yang ingin omset
penjualannya naik.
- · Menggunakan social media , yaitu Instagram dan Facebook, untuk Instagram digunakan 2 (dua) cara yaitu menggunakan iklan instagram bersponsor dan satu lagi menggunakan paid promote,
Saya hanya menggunakan
instagram dan facebook itu saja sudah kewalahan belum menggunakan ratusan
strategi , bisa gak heboh , hehehe
Tips Instagram, menggunakan
photo yang menarik dan menggugah selera serta keingingan yang cukup kuat untuk
datang , disini menggunakan metode keterbatasan serta harga special murah.
Kalau ada pertanyaan apakah tidak rugi menjual murah? Jawabnya TIDAK ! jika
sudah dihitung dan tahu maksudnya menggunakan strategi menjual murah, karena
kalau sudah diperhitungkan resiko serta tujuannya , tidak akan membuat rugi
justru membuat untung melambung.
Tips : Instagram untuk paid
promote anda bisa menggunakan akun yang sesuai topik biasanya akun yang
membahas kuliner disebuah kota dan banyak followers aktif, atau bisa juga
personal atau orang yang punya pengaruh kuat .
Untuk instagram ber sponsor
sama menggunakan photo dan penawaran yang menarik bedanya adalah dengan
menargetkan kepada target market yang ada di instagram .
Alhamdulillah saya senang
ketika strategi meningkatkan jualan kulinernya sukses , namun penting diingat
persiapkan dengan baik agar tidak terjadi komplain.
Saya seringkali mengatakan bahwa mendatangkan pelanggan itu mudah, namun ketika mereka kecewa maka akan sulit untuk membuat pelanggan datang lagi, kalau pun bisa itu butuh upaya yang besar. Semoga sharing cara meningkatkan jualan kuliner dan bisa untuk meningkatkan usaha selain kuliner ini bermanfaat
Komentar
Posting Komentar