mengatasi usaha yang sedang menurun omzet penjualan
Mengatasi usaha yang
sedang menurun omzet penjualan
Seringkali saya
mendapatkan pertanyaan tentang bagaimana cara mengatasi bisnis atau usaha yang
sedang menurun omzet penjualannya. Bagaimana cara meningkatkan omzet penjualan
yang sepi bahkan cenderung semakin menurun. Biasanya saya akan bertanya dengan
pertanyaan sederhana apakah bapak atau ibu mengetahui bagaimana proses terjadi
penjualan secara fase atau tahapannya? , biasanya para pengusaha yang saya tanya
cenderung kaget dan mengatakan tidak tahu, menurut pendapat mereka bahwa proses
penjualan yang umum adalah orang datang setelah melihat iklan dan promosi yang
mereka pasang baik di media online atau offline.
Mereka tidak tahu
secara tepat bagaimana agar terjadi penjualan atau dengan bahasa sederhana apa
yang harus harus dilakukan agar terjadi penjualan?
Bahwa penjualan terjadi
melalui fase atau rangkaian proses dan tahapan, secara sederhana adalah anda
bisa mendapatkan penjualan melalui iklan promosi yang anda pasang atau anda
mendapatkan pelanggan dari referensi.
Berikut tahapan yang
bisa anda lakukan untuk mengatasi usaha yang sedang menurun omzet penjualannya.
Pertama anda harus
mengkomunikaskan tentang produk ata jasa yang ingin anda tawarkan ke market
secara massive atau masal dengan media online dan offline.
Kedua anda harus
membuat orang atau market yang melihat atau mendengar penawaranan anda tertarik
untuk bergerak atau take action sesuai arahan anda.
Ketiga anda harus
membuat orang atau target market anda membeli
Keempat anda harus
membuat orang atau target market anda menjadi pelanggan yang terus membeli dari
anda.
Kelima anda harus
membuat pelanggan menjadi sales marketing team anda yang mereferensikan produk
atau jasa anda.
Kelima tahapan diatas
jika dijelaskan panjang lebar tidak muat halaman blog ini, namun saya di
kesempatan ini ingin membuka wawasan anda tentang bagaimana meningkatkan
penjualan anda dengan memahami proses
prosesnya. Maksudnya bahwa terjadi penjualan adalah dampak dari proses atau
tahapan tahapan sehingga akhirnya terjadi closing pembelian oleh pelanggan anda.
Namun perlu anda ingat
bahwa anda harus mengetahui histori atau riwayat program marketing yang telah
anda lakukan hal ini untuk menganalisa apakah sudah efektif atau belum, semisal
jika anda memiliki bisnis property dan anda merasa sudah iklan di Koran,
spanduk , radio dan online tapi kok penjualannya tidak seperti yang anda
harapkan maka anda harus mengevaluasi dengan detil dan seksama kenapa market
tidak merespon, hal yang paling penting adalah apakah anda sudah mendefinisikan
dengan tepat target market ideal anda , atau hot prospek anda? Setelah itu
adalah menganalisa penawaran, headline, isi , pesan dan call action, kemudian
juga pemilihan media adalah hal yang sangat penting, saya sudah banyak membantu
bagaimana mengubah strategi marketing yang berdampak kepada penjualan.
Jadi
mulai dari sekarang coba review secara detil apakah anda sudah tepat atau malah
asal asalan dalam membuat strategi marketing untuk meningkatkan penjualan anda.
Komentar
Posting Komentar